Perbedaan JSON dengan YAML

Perbedaan JSON dengan YAML – YAML adalah sebuah format data yang digunakan untuk pertukaran dan penyimpanan data. Bedanya adalah kalau YAML lebih ramah manusia dibanding dengan JSON, karena mudah dibaca dan dimengerti.

Lalu apa sajakah perbedaan besar antara YAML dan JSON ? Berikut selengkapnya :

  1. YAML menggunakan lekukan spasi putih, yang merupakan area familiar bagi pengembang Python.
  2. Pengembang JavaScript menyukai JSON karena merupakan bagian dari JavaScript dan dapat langsung diinterpretasikan dan ditulis dalam JavaScript, bersama dengan menggunakan cara singkat untuk mendeklarasikan JSON, tidak memerlukan tanda kutip ganda pada kunci saat menggunakan nama variabel berbeda tanpa spasi.
  3. Ada banyak parser yang bekerja dengan baik di semua bahasa untuk YAML dan JSON.
  4. Format ruang putih YAML lebih mudah dilihat dalam banyak kasus karena formatnya lebih mudah dibaca manusia.
  5. Ruang YAML sementara lebih kompak dan lebih mudah dilihat bisa sulit untuk diedit jika Anda tidak memiliki indikator atau indentasi spasi putih yang terlihat di editor Anda.
  6. JSON jauh lebih cepat untuk membuat serial dan deserialisasi karena fitur yang jauh lebih sedikit daripada YAML untuk diperiksa, yang memungkinkan kode yang lebih kecil dan lebih ringan untuk memproses JSON.
  7. Kesalahpahaman umum adalah bahwa YAML membutuhkan lebih sedikit tanda baca dan lebih ringkas daripada JSON tetapi ini sepenuhnya salah. Spasi putih tidak terlihat sehingga tampaknya ada lebih sedikit karakter, tetapi jika Anda menghitung ruang sebenarnya yang diperlukan agar YAML diinterpretasikan dengan benar bersama dengan indentasi yang tepat,
  8. Anda akan menemukan YAML sebenarnya menggunakan lebih banyak karakter daripada JSON.
  9. JSON tidak menggunakan spasi untuk mewakili hierarki atau pengelompokan dan dapat dengan mudah disejajarkan dengan spasi kosong yang tidak perlu dihapus untuk pengangkutan yang lebih ringkas.

Itulah beberapa perbedaan mendasar dari YAML dengan JSON, kapan sebaiknya menggunakan YAML dan kapan menggunakan JSON ? Itu tergantung riset anda sendiri….

Jika anda membutuhkan bantuan dalam menangani validasi untuk format yaml, anda bisa menggunakan bantuan tools online yaml validator dengan mengunjungi situs ToolKitBay.com