8 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Disantap Setiap Hari

Sangat pas bagi Anda untuk mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Dengan mengonsumsi makanan sehat setiap hari, Anda dan keluarga akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, serta kualitas hidup juga akan meningkat.

Oleh karena itu, berikan makanan sehat berikut untuk dimakan setiap hari agar kualitas hidup lebih baik. Berikut daftar makanan yang bisa dikonsumsi setiap hari, dikutip dari situs Health dokterzone.com

Blueberry

Blueberry kaya akan serat, vitamin A, dan C. Blueberry dijuluki “berry otak” karena kemampuannya mencegah kepikunan. Ini juga mencegah kanker, diabetes, dan memelihara pembuluh darah. Luar biasa, bukan? Karena itu, siapkan blueberry sebagai makanan sehat untuk dimakan setiap hari.

Konsumsi secangkir blueberry segar setiap hari, atau setengah cangkir dibekukan atau dikeringkan. Blueberry tetap bekerja dengan baik meskipun dikeringkan, dibekukan, atau selai.

Bayam

Bayam memang tidak bisa dianggap remeh khasiatnya. Makanan pembangun otot ini kaya akan asam lemak omega 3 dan folat. Omega 3 mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan osteoporosis. Bayam juga mengandung lutein, senyawa yang melawan kehilangan penglihatan dan juga membantu menjaga gairah seks.

Yogurt

Makanan yang konon berumur 2000 tahun ini memiliki khasiat yang luar biasa. Ini mengandung ratusan juta organisme probiotik yang membantu bakteri menguntungkan dalam tubuh. Yogurt juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah kanker. Saat membeli, pastikan labelnya bertuliskan “kultur aktif hidup” atau bakteri aktif.

Tomat

Tomat merah adalah yang terbaik karena lebih kaya akan antioksidan likopen. Tomat olahan sama baiknya karena akan lebih mudah bagi tubuh untuk menyerap likopen.

Menurut penelitian, mengonsumsi banyak likopen dapat menurunkan risiko kanker kandung kemih, paru-paru, prostan, kulit, dan perut. Tomat juga menurunkan risiko penyakit arteri koroner. Untuk kebutuhan harian, makanlah 22 mg likopen sehari (sama dengan delapan buah tomat ceri atau segelas jus tomat).

Wortel

Hampir semua sayuran dan buah-buahan yang berwarna merah, kuning, dan oranye mengandung karotenoid – senyawa lemak yang larut dalam air yang mengurangi risiko berbagai kanker, peradangan parah, seperti asma dan reumatik. Namun yang paling mudah dikonsumsi dan berkalori rendah adalah wortel.

Kedelai Hitam

Semua kacang baik untuk jantung. Namun, kedelai hitam adalah jagoan dalam meningkatkan kerja otak. Kedelai hitam kaya akan antosianin, yaitu senyawa antioksidan yang meningkatkan fungsi otak.

Dengan mengonsumsi setengah cangkir kedelai hitam setiap hari, Anda akan mendapatkan 8 gram protein dan 7,5 serat yang rendah kalori dan bebas lemak jenuh.

Kenari

Kacang kenari lebih kaya omega 3 daripada salmon, mengandung lebih banyak polifenol daripada anggur merah, dan lebih banyak protein pembentuk otot daripada ayam. Kacang lain hanya mengandung satu atau dua dari tiga khasiat ini, tetapi kenari memiliki ketiganya. Makan 1 ons kenari (sekitar 7 biji) sehari baik untuk kesehatan.

Gandum

Oat kaya akan serat larut air yang menurunkan risiko penyakit jantung. Karbohidratnya cukup tinggi, tetapi pelepasan gula ditahan oleh serat. Setiap setengah cangkir mengandung 10 gram protein sehingga bisa membantu memperbaiki otot.